Kamis, 18 Desember 2008

KIAT MENINGKATKAN ENERGI

Semua orang pernah mengalami lelah dan lesu, sampai malas mengerjakan apa pun. termasuk nonton film atau pergi belanja kendatipun sale. anda mungkin tidak merasakan tanda-tanda klasik lelah seperti otot pegal atau lelah secara keseluruhan. yang anda rasakan adalah, tidak bersemangat atau malas mengikuti kegiatan yang selama ini anda suka. mungkin juga lebih sulit konsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan dan akhirnya kehilangan kesabaran, kadar frustasi meningkat, bahkan ketika menghadapi tantangan sederhana. untuk mengatasi hal tersebut, para ahli menganjurkan langkah-langkah berikut:


TINGKATKAN INTAKE MAGNESIUM
Makan diet seimbang dapat membantu anda mendapatkan vitamain dan mineral yang diperlukan. tapi jika anda masih merasa sangat lelah, kemungkinan anda kekurangan magnesium. mineral ini diperlukan lebih dari 300 reaksi biokimia di dalam tubuh., termasuk mencegah glukosa menjadi energi. jika kadar magnesium terlalu rendah, energi turun. dalam sebuah studi yang dilakukan department of agriculture's human nutrition research center di grand forks, perempuan yang kekurangan magnesium mempunyai denyut jantung yang lebih tinggi dan memerlukan oksigen untuk melakukan tugas fisik dibanding sesudah mereka memulihkan kadarmagnesium mereka. angka kecukupan gizi untuk magnesium adalah sekitar 300mg untuk perempuan dan sekitar 350mg untuk pria. pastikan anda mendapatkan kecukupan mineral dengan:
Menambahkan segenggam almond, hazelnut, atau kacang mete ke dalam diet harian anda.
Meningkatkan intake pdi-padian utuh, terutama bran cereal
Perbanyak makan ikan, terutama halibut

JALAN KAKI
Anda mungkin menduga, jalan kaki di saat merasa lelah bisa membuat anda lebih lelah lagi. padahal yang benar justru kebalikannya. menurut para ahli meningkatkan aktivitas fisik, terutama jalan kaki dapat meningkatkan energi. kelebihan dari jalan kaki adalah: mudah dilakukan, tak perlu latihan atau alat dan bisa dilakukan di mana saja. dalam eksperiment yan dilakukan california state university, jalan cepat 10 menit bukan hanya meningkatkan energi, tapi efeknya tahan sampai lebih dari 2 jam. jika jalan kaki 10 menit ini berlangsung 3 minggu, kadar energi secara keseluruhan dan semangat akan meningkat.

TIDUR SIANG
Riset menunjukkan, kelebihan informasi dan memaksa otak bekerja terlalu keras dapat menguras energi. tapi studi-studi yang dilakukan national institute of mental health menemuka, tidur siang 60 menit bukan hanya memulihkan pikiran, tapi juga memantu kita mempertahankan hal-hal yang dipelajari secara lebih baik.

JANGAN LEWATKAN SARAPAN ATAU MAKAN YANG LAINNYA
Studi-studi menunjukkan, orang-orang yang makan sarapan melaporkan perasaan yang lebih baik dan punya lebih banyak energi da sepanjang hari. studi-studi yang diterbitkan dalam jurnal nutrition health menemukan, melewatkan sarapan atau makan siang atau makan malam pad asatu hari dapat membuat lebih lelah di penghujung hari.

KURANGI STRES DAN ATASI KEMARAHAN
Salah satu penyebayedot energi terbesar adalah stres. stres adalah hasil dari cemas yang berlebihan menggunakan banyak energi. sama seperti rasa cemas atau takut, stres dapat membuat kita lelah secara mental dan fisik, kendati pun anda menghabiskan waktu di tepat tidur. selain itu, stres kronik dapat mengikis energi dan anda menemukan, anda mengerjakan makin sedikit tapi merasa makin lelah. kemarahan yang tidak diungkapkan juga menghabiskan energi. hal ini disebabkan kita menggunakan semua energi untuk menahan perasaan marah, dan ini melelahkan. kabar baiknya, kita bisa mengatasi pembunuh energiini dengan memprogamkan lebi banyak aktivitas relaksasi ke dalam hidup kita. bagi sebagian orang, meningkatkan olahraga membakar zat kimia yang disebabkan stres dan marah. yang lainnya lagi merasa mendapatkan penenangan dengan melakukan hal-hal hening seperti mendengarkan musik, membaca buku roman, atau bahkan hanya dengan bicara di telepon. apapun yang merilekskan akan bisa mengurangi ketegangan dan membantu meningkatkan energi.

MINUM LEBIH BANYAK AIR PUTIH DAN KURANGI ALKOHOL
Anda mungkinsudah tau, kita mudah mengacukan rasa lapar dengan haus. kita menduga perlu makanan, padahal yang diperlukan sebenarnya air. tapi haus juga bisa menyamar sebagai rasa elah. kadang, ketika sedikit dehidrasi, kita merasa lelah. solusinya sederhana: minum segelas air. ini terutama penting untuk meningkatkan energi sesudah olahraga, ketika tubuh kemungkinan mendambakan cairan.
jika anda sering merasa lelah, bahkan sesudah tidur malam yang baik, coba kurangi alkohol pada jam malam hari. alkohol awalnya memang membantu tidur, tapi juga menghambat tidur pulas sehingga anda tidk mendapatkan istirahat kendati pun tidur penuh 8 jam. dengan mengurngi lkohol sebelum tidur, anda akan mendapatkan istirahat malam yang lebih baik, yang akan menghasilkan lebih banyak energi pada hari berikutnya.

PERBANYAK MAKAN PADI-PADIAN UTUH, KURANGI GULA
Yang penting adalah, jaga keseimbangan kadar gula darah sehingga energi konstan. jika makan makanan manis, kadar gula darah naik yang memberi anda energi pada awalnya, tapi lalu dikuti dengan penurunan cepat, sehingga membuat anda merasa lapar. jika anda melakukan hal ini beberap kali sehari, di malam hari anda akan kelelahan. makan padi-padian utuh, memberikan pelepasan bahan bakar secara perlahan dan mantap, energi konsisten dan seimbang sehingga di penghujung hri anda tidak merasa terlalu lelah.

MAKAN SNACK BAIK
Makan snack kuat diantara waktu makan lebih dari sekedar makn. para ahli menyarankan makan snack yang merupakan kombinasi protein, serat, dan sedikit lemak. contohnya selai kacang pada roti gandum atau yogurt dengan segenggam kacang-kacangan. karbohidrat memberikan energi, protein menjaga energi tetap tinggi, dan lemak membuat energi tahan lama.

PERIKSA THYROID DAN DARAH
Jika energi anda terus-menerus rendah dan anda merasa lesu bahkan sesudah tidur malam yang baik, kemungkinan anda harus periksakan ke dokter untuk tes disfungsi thyroid dan periksa darh.
thyroid terutama bisa menjadi masalah untuk perempuan, sering dikembangkan sesudh malahirkan dan sering kali selama perimenopause. pemeriksaan darah bisa mengungkap masalah. jika didiagnosa dengan fungsi thyroid rendah, anda akan diberi obat.
dalam anemia, berkurangnya sel-sel darah merah dapat berarti tubuh tidak mendapatkan kadar oksigen yang diperlukannya untuk mempertahankan energi. kadang ini terjadi dalam tahun-tahun produktif perempuan, terutama bagi yang mengalami mens banyak.

Tidak ada komentar: